Januari 26, 2011

DENPASAR CITY TOUR

    Denpasar adalah Ibukota Provinsi Bali sejak tahun 1960, Dahulu Denpasar adalah ibukota kerajaan Badung yang mengontrol wilayah bagian selatan Pulau Bali dari akhir abad ke- 18 sampai ditaklukan oleh Belanda pada tahun 1906. Kata Denpasar berasal dari 2 suku kata yakni ‘Den’ yang berarti Utara dan ‘Pasar’ yang berarti pasar, Jadi Denpasar berarti kota yang terletak disebelah utara pasar.
Sebagai salah satu kota besar di wilayah Indonesia, perkembangan kota Denpasar sangatlah pesat, terutama semenjak boom industri pariwisata sekitar tahun 1960an. Jumlah penduduk Denpasar saat ini sudah mencapai angka 561.814 jiwa. Denpasar juga merupakan pusat pemerintahan dari Bali, Kantor Gubernur Bali serta kantor kantor pemerintahan yang penting seperti : Telkom, kantor pos, Bank, Airline dan Rumah sakit semuanya ber kantor di Denpasar.
Di wilayah Kota madya Denpasar ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan di antaranya adalah :

A. BAJRA SANDI : Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Propinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon. Bangunan gedung monumen pada Utama Mandala tersusun menjadi 3 lantai :
1. Utamaning Utama Mandala adalah lantai 3 yang berposisi paling atas berfungsi sebagai ruang ketenangan, tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan disekeliling monumen. Para pengunjung bisa melihat panorama Denpasar dari tempat ini. Pada saat cuaca cerah sehingga pemandangan Denpasar terlihat jelas. Untuk mencapai tempat ini harus melewati tangga melingkat yang lumayan tinggi.
2. Madyaning Utama Mandala adalah lantai 2 berfungsi sebagai tempat diorama yang berjumlah 33 unit. Lantai 2 (dua) ini sebagai tempat pajangan miniatur perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa. Dioramanya mirip dengan yang ada di Monas, Jakarta. Tapi yang di sini hanya menampilkan perjuangan rakyat Bali. Mulai zaman kerajaan, masuknya Hindu, Majapahit, penjajahan, perang kemerdekaan, hingga saat ini.
3. Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar Gedung Monumen, yang terdapat ruang informasi, ruang keperpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, gedung dan toilet. Ditengah-tengah ruangan terdapat telaga yang diberi nama sebagai Puser Tasik, delapan tiang agung dan juga tangga naik berbentuk tapak dara.




B. PASAR BURUNG SATRIA : Pasar ini terletak di tengah kota Denpasar, Di pasar ini kita bisa membeli berbagai jenis burung. Di samping selain terdapat berbagai jenis burung yang diperjual belikan kita juga bisa menemukan binatang seperti ular, kera, anjing dari berbagai macam ras, kelinci, marmot dsb. Pakan ternak serta makanan untuk segala jenis binatang bisa kita dapatkan disini. Untuk pengeloksi barang barang antic juga bisa mengunjungi pasar ini karena selain sebagai pasar burung, pasar ini juga serbagi tempat pergolakan barang barang antic. Untuk para wisatawan penyayang binatang bisa mengunjungi pasar ini sebagai tempat alternative selama berada di Bal
C. PASAR BADUNG / KUMBASARI
Pasar ini merupakan salah satu pasar terbesar yang ada di Bali, Pasar ini juga merupakan pusat perekonomian kota Denpasar. Pasar Kumbasari terletak di jalan GajahMada, yaitu jalan utama yang menjadi pusat pertokoan di Denpasar. Karena sebagai pasar terbasar di wilyah kota Denpasar, maka pada tahun 1984, pasar ini di pugar dan diresmikan secara langsung oleh gubernur Bali saat itu Prof. Dr Ida bagus mantra. Pasar ini memiliki luas kurang lebih 14.544 m2 dengan luas parkir 9064 m2
Para pembeli yang berbelanja di pasar ini tidak hanya berasal dari kawasan Denpasar saja tetapi datang dari hamper seluruh wilayah Bali. Para wisatawan yang senang berbelanja juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk membeli oleh2 khas dari Bali.

D. SANUR
Daerah ini terletak dipinggiran kota Denpasar. Sanur merupakan satu kawasan pariwisata yang sangat terkenal, Sanur memiliki pantai yang sangat indah, landai berpasir putih, serta memiliki gelombang tidak begitu besar, sehingga sangat aman bagi para pengunjung yang ingin berenang di tempat ini. Pantai Sanur juga terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah.
Sanur dulunya merupakan salah satu daerah nelayan di Bali, tetapi seiring pesatnya perkembangan pariwisata di Bali, daerah ini berubah menjadi daerah pariwisata yang sangat ramai di kunjungi oleh wisatwan asing. Di sanur juga terdapat satu satunya hotel yang memiliki lantai lebih dari sepuluh lantai yaitu grand Bali Beach yang diresmikan oleh president RI 1 yaitu Ir. Soekarno.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda

Anda adalah pengunjung yang ke :