Januari 16, 2011

NYEPI

'Nyepi' berasal dari kata 'sepi' . Ini bahasa Indonesia untuk diam. Nyepi adalah tahun baru untuk Hindu di Bali.
Satu hari sebelum Nyepi disebut pengrupukan, di hari ini biasanya masyarakat Bali membuat ogoh-ogoh.Sebuah patung besar yang terbuat dari bambu yang kemudian di bungkus kertas dan dihias sehingga menyerupai mahluk2 menyeramkan sebagai perlambang dari Bhuta kala atau kekuatan jahat ,Setelah diarak keliling desa,ogoh2 ini akan  dibakar. Tapi banyak para wisatawan atau orang lokal yang kadang-kadang ingin membelinya karena ogoh ogoh ini benar-benar terlihat bagus.
Back to Nyepi, ada 4 aturan bahwa orang harus di taati yakni :
1. Amati geni: Tidak ada api atau cahaya.
2. Amati Karya: tidak bekerja.
3. Amati lelunganan: bepergian No
4. Amati lelanguan: Puasa
peraturan 1,karena tidak ada api,Anda tidak akan dapat memasak . Jadi, Anda harus menahan lapar Anda selama 24 jam. Anda juga tidak dapat untuk menyalakan lampu atau apapun yang menghasilkan cahaya. Jadi ketika itu malam, Bali totallly akan tampak seperti pulau mati karena gelap.
Anda tidak dapat bekerja. Anda juga tidak boleh pergi keluar dari halaman Anda / rumah. Jadi tidak akan ada kendaraan saat Nyepi,termasuk di bandara NGURAH RAI sekalipun.
Pada hari ini, tidak semua orang diharuskan untuk mematuhi aturan ini. Tetapi orang pasti tidak keluar dari pekarangan mereka / rumah, tidak bekerja (tentu saja), dan tidak akan ada suara berisik.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda

Anda adalah pengunjung yang ke :