Januari 21, 2011

GUNUNG BATUR

Gunung batur terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli. Gunung ini adalah salah satu gunung yang masih aktif di propinsi Bali. Kaldera gunung Batur berbentuk elip dengan panjang sumbu 13,8 km dan lebar 10 km. Gunung Batur sendiri memiliki tinggi total 1.717 m di atas permukaan laut.

Sejak tahun 1800 Gunung Batur sudah meletus sekurang kurangnya 24 kali. Letusan pertama yang tercatat tahun 1804, dan terakhir terjadi pada tahun 2000, letusan terbesar terjadi pada tahun 1963.
Wisata pendakian di gunung ini biasa dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit, sehingga nantinya para wisatawan bisa melihat saat saat dimana matahari mulai terbit dari puncak Batur yang begitu indah. Pendakian di gunung Batur biasanya memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam. Saat ini para wisatawan yang ingin mendaki di gunung ini harus mencari pemandu wisata lokal karena daerah ini telah dikelola secara profesional dan telah disah kan oleh pemerintah provinsi Bali.
 

Para wisatawan juga dapat mencari penginapan di daerah sekitar gunung Batur, Karena disekitar gunung Batur telah disediakan akomodasi yang layak untuk para wisatawan.
Di kaki Gunung Batur kita juga bisa melihat sebuah danau terbesar di Bali yang di beri nama Danau Batur. Danau batur sendiri memiliki panjang 7,5 km, lebarnya 2,5 km, keliling 22 km, luas 16 km, serta kedalaman 70 m.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda

Anda adalah pengunjung yang ke :