Februari 01, 2011

PULAU MENJANGAN


Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil tanpa penghuni, dengan luas 175 ha, terdiri dari karang, batu batuan serta tanah vulkanik hitam. Sesuai dengan namanya dahulu terkenal dengan menjangannya. Akan tetapi menjangan yang ada,banyak diburu oleh penduduk sekitar. Untuk mempertahankan nama dan identitas dari pulau ini, pada tahun 1980 dilepaskanlah 22 ekor menjangan di ulau ini, dan sekarang jumlahnya telah bertambah banyak karena kawasa ini sangat dilindungi oleh pemerintah daerah Bali.

Potensi yang dimiliki oleh pulau ini adalah keindahan laut yang ada disekitarnya. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas wisata bahari seprti snorkling dan diving. Keindahan alam bawah lautnya sangat menarik karena ditemukan banyak sekali terumbu karang serta berbagai macam jenis ikan hias. Disamping itu air laut di pulau ini sangat tenang serta panorama teluknya sangatlah mempesona.

Pada kedalaman 2 sampai 3 meter disekitar Pulau ini terdapat suatu komplek karang laut yang merupakan dinding yang curam hingga kedalaman 50 meter. Disana juga terdapat goa karang yang bisa dimasuki oleh para penyelam sampai kedalaman 5 meter, untuk kemudian dari mulut goa lainnya.

Pulau Menjangan terletak di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat, termasuk dikawasan desa Sumberklampok, kecamatan Grokgak, kabupaten Buleleng, jaraknya kurang lebih 76 km dari kota Singaraja. Untuk sampai kepulau ini wisatawan harus menggunakan perahu bermotor dengan jarak waktu tempuh 30 menit.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda

Anda adalah pengunjung yang ke :